Rabu, 08 April 2009

cerita kopassus V

Ketika awal DM I di Aceh Mei 2003 dulu, banyak wartawan yg antusias untuk meliput pertempuran di medan terdepan. Ada satu kisah yg dimana cerita ini gw baca dalam catatan lepas di harian (aneh??) Poskota yg biasanya ada di sudut kiri bawah hal pertama.

Suatu hari wartawan sedang menuju area pertempuran (sayang gw dah lupa di wil mana) yg dikawal ma 13 orang aparat (10 orang Kopassus, 3 orang Brimob) kemudian ketika ditengah jalan hutan belantara rombongan kena ambush gerilyawan GAM berjumlah +- 100 orang bersenjata campuran, wartawan dah panik akibat baru mengalami kejadian seperti ini (walaupun sebelumnya TNI dah melatih para wartawan yg akan meliput di Aceh sebelumnya) karena kali ini taruhannya nyawa. Tetapi yg terjadi para pengawal dari kopassus dan brimob tenang2 aja, setelah memberi perintah kpada brimob untuk menjaga para wartawan maka 10 orang anggota kopassus langsung menyerbu para anggota GAM dgn jalan mendekatinya langsung.
Ketika awal melihat angota TNI mendekati mereka, Gam berpikir bahwa ini sasaran empuk tetapi setelah melihat mereka perlahan tapi pasti mendekati mereka dan menghabisi satu demi satu teman2 mereka lama2 keder juga untuk menneruskan pertempuran. Klau menurut pengamatan wartawan, anggota GAM itu menembak seperti menghamburkan peluru (atau malah gak bisa nembak, yg penting peluru keluar) sdangkan TNI menembak bilamana sasaran terlihat oleh mereka saja, setelah bertempur selama sekitar 1 jam para GAM melarikan diri ke dalam hutan dan ditemukan korban skitar 12 orang tewas dan ceceran darah di dedaunan yg menandakan banyak yg terluka dilarikan teman2nya.
Bisa dibayangkan kwalitas passus yg mampu menghalau 100 musuh hanya dgn 10 orang aja.

Ini catatan dari wartawan yg meliput perang di Aceh, untuk jelasnya gw dah lupa karena berita awal Juni tahun 2003, gw brusaha cari2 lagi tp blum dapat juga. Mungkin ada yg prnah dengar cerita ini sebelumnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yang bener mas,yang sering jalan formasi regu di aceh itu cuma marinir n brimob,mau kopasus kek parako,raiders si penembak tanggul kek paling patroli regu cuma to sabang kampung kata komandanmu ga sesuai SOP..kalo dnger critamu geli saya..saya dah lama gabung ma banyak ksatuan..apal betul saya.men 1 pelopor