Jumat, 27 Maret 2009

KOPASKHASAU......

Paskhas adalah gabungan dari 3 pasukan AU yang ada : PPP, PGT dan PSU.

Paskhas adalah salah satu pasukan khusus berkualifikasi KOMANDO selain KOPASSUS yang berada dalam lingkungan AU. Dan ditilik dari kompleks penugasannya seharusnya paskhas adalah satu satunya pasukan elit AU yang berkualifikasi terlengkap bahkan secara hirarki Paskhas berada diatas US SPECIAL TACTICS dan PVO (Rusia)

Dulunya Paskhas bernama KOPASGAT alias KOMANDO PASUKAN GERAK TJEPAT. Nah saat menggunakan nama ini...nama paskhas melambung bro......tetapi kenapa ya kok diganti?..ada embel2 "Khas" segala....jadi kayak nggak menyiratkan pasukan khusus.

Menjadi prajurit Paskhas sebenarnya mempunyai kebanggaan tersendiri. Gimana ngga?....di AD saja banyak prajurit yang susah sekali alias gagal menjadi pasukan komando / kopassus walau sudah ikut tes berkali kali...sampai stress.... tapi di AU mungkin untuk menjadi prajurit paskhas yang kualifikasinya KOMANDO bisa dibilang agak mudah daripada di AD.

Di AU begitu lulus pendidikan dasar apabila kecabangan paskhas sedang merekrut anggota, maka si prajurit muda udah bisa langsung ikut pendidikan komando setingkat Kopassus. Kenapa bisa gitu?...karena paskhas merupakan korps kecabangan. Walaupun sederajat dengan Kopassus namun berbeda hirarki. Berbeda dengan Kopassus yang mengharuskan si calon telah menempuh pendidikan kecabangan khususnya Infanteri terlebih dahulu sebelum menjalani Pendidikan Komando. Hal ini dimungkinkan karena pada tahapan Komando semua materi tidak diulang dari dasar. Efeknya bisa dirasakan ketika si prajurit mulai berdinas. Pendidikan lanjutan (tingkat master) untuk prajurit paskhas memakan waktu "lebih lama" dari prajurit kopassus.

Sekarang apa yang telah yang telah uzur pada paskhas telah diganti secara bertahap. mulai dari senapan serbu, pistol, gears, PDL sus, dll. Bahkan paskhas mengembangkan sebuah detasemen gultor setingkat SAT 81 Gultor Kopassus yang dinamakan Bravo. Terdiri dari 5 tim yaitu Tim alfa 1 s/d 3 dengan spesialisasi : perang kota, perang hutan dan anti teror aspek udara (walaupun juga 3 media). Tim bantuan mekanik untuk merawat peralatan tempur dan Tim bantuan tempur. Disini ada pelatih, spesialis demolisi, terjun bebas, pasukan katak dan ahli bahasa.

7 Bulan dibutuhkan untuk membentuk seorang prajurit muda menjadi prajurit baret jingga sejati. Semua materi dari peperangan darat, pertahanan pangkalan, Arhanud ringan, terjun payung tempur dan menyelam tempur diberikan oleh para pelatih ahli baik dari intern paskhas maupun dari saudara tuanya dari kopassus dan kopaska....

Tidak ada komentar: